Monday, June 04, 2007

Aku si pengecut...

Malam malam kelaperan dan cari mc Donald drive tru di daerah Melawai.
Sambil nunggu makanannya, gak sengaja lihat gelandangan perempuan yang gendong bayi kecil.Mungkin masih beberapa bulan umur bayinya.
Dia tampak kebingungan dan sibuk lihat kanan kiri.
Gak lama kemudian datang seorang pria yang juga gelandangan dengan gerobak yg terisi penuh dan diatasnya ada seorang anak laki laki yg tertidur pulas sambil terduduk.
Ternyata mereka satu keluarga.
Dibawah pohon mereka menggelar tikar, dan menidurkan anak mereka satu persatu dengan bantal kumal. Anak anak itu tampaknya sudah biasa dan tetap tertidur pulas.
Entah apa yang mereka bicarakan, lalu sang ibu pergi menuju suatu tempat, kembali berjalan melewati mobilku.
Kami bertatapan cukup lama...
Entah apa yang ada pikirannya tentang aku...
Dan sambil menatapku, ia menatap asya dan kembali menoleh kearah anaknya.
Aku tersenyum padanya, tapi ia memalingkan muka.
Tenggorokanku tiba tiba tercekat, mataku rasanya mulai basah...
Ada rasa sedih, haru dan malu...
Ketika kepalaku ini penuh dengan segala urusan 'ketidakpuasan" duniawi....
Ternyata itu tidak sebanding dengan orang lain yang hidupnya lebih kejam dibandingkan aku...
Sampai mobil ini berjalan tanganku tetap memegang sesuatu yg dari tadi ingin kuberikan pada wanita itu...
Aku menyesal sekali tak memiliki keberanian untuk memberikannya...
Sampai dirumah aku gelisah dan mengutuk diriku sendiri karena aku tetap diam...
Akh, ternyata itulah aku yg sebenarnya... tak pernah ada keberanian untuk melakukan sesuatu...
Aku ternyata seorang pengecut...

Esoknya aku kembali ketempat itu...
Tapi mereka tidak ada...
Entah apa yg membuatku ingin kembali kesana
Entah karena ingin menutupi rasa bersalahku...
Entah karena ingin menunjukan bahwa aku orang baik...
Entah karena aku ingin membuktikan keberanian diriku...

Akh Din, sadarkah kamu kalau apa yg sering kau lakukan itu selalu terlambat?

No comments: