Saturday, November 03, 2007

3 november dan hari Sabtu

Hari ini tanggal 3 november banyak yang meninggal...
Diawali pagi tadi waktu berangkat mo nyari tukang bubur, dan ternyata tetangga rumah (sebenarnya gak terlalu dekat juga jaraknya) ada yang sedang berduka cita, karena salah satu keluarganya meninggal.
Gak lama kemudian, aku online dan dapat kabar dari Arie, kalau papanya koma, dan 5 menit kemudian dia telfon lagi dan bilang kalau sudah wafat. Setelah sibuk memberitahukan teman teman yang lain, aku pergi untuk membeli beberapa keperluan dan 2 komplek yang aku lewati ada bendera kuning alias tanda kalau ada yang meninggal juga.
Dan tepat 18 tahun yang lalu, kakakku meninggal di tanggal yang sama, 3 November 1989.
Kebetulan, hari ini adalah hari sabtu...
Mitos dari orang orang jawa yang berkembang adalah, jika seseorang meninggal pada hari Sabtu, salah satu anggota keluarga harus memecahkan piring di :
a. Katanya didepan pintu utama saat jenazah diberangkatkan
b. Katanya harus memecahkan piring di depan pintu dapur.

Acara mecahin piring ini sebagai penangkal supaya zenazah yang meninggal tidak menarik seseorang dari keluarga atau kerabat dan temannya menemaninya keliang kubur alias meninggal juga.
Kebetulan, kakak iparku meninggal pada hari Sabtu minggu lalu,...
Percaya tidak percaya, kakak perempuanku dianjurkan untuk mengikuti mitos tersebut (walau dia sendiri bukan orang jawa). Karena banyak orang memberitahu untuk memecahkan piring disana dan disini, di dapur dan depan pintu.

Kenapa sih Bulan November harus jadi bulan sedih untuk beberapa keluarga?

No comments: