Wednesday, July 25, 2007

Tips Mand Aroma theraphy dirumah

Minyak Eucalyptus, Peppermint & Cemara :
Sembuhkan Pegal-pegal


Isi bath tub dengan air sampai penuh kemudian tambahkan 2 tetes minyak eucalyptus, 2 tetes minyak peppermint dan 3 tetes minyak daun cemara. Berendamlah dengan tenang, jangan tergesa-gesa menyudahinya, tarik nafas dalam-dalam secara teratur sambil memejamkan mata. Rasakan aroma dari ramuan yang sudah bercampur dengan air dalam bath tub….Percayalah, setelah acara berendam usai, tubuh Anda akan terasa rileks dan rasa penatpun hilang.

Mandi Teh Hijau dan Bunga Jasmine :
Larutkan Lemak & Hilangkan Selulit


Siapkan satu mangkuk besar teh hijau dan tuangkan 4 cangkir air mendidih serta 4-5 sendok makan dauh teh hijau. Biarkan selama 10 menit. Tunggu sampai suhu air turun, sehingga terasa agak hangat. Kemudian saring dan campurkan air hasil saringan tersebut ke dalam air mandi. Setelah itu taburkan secangkir bunga melati segar atau kering ke dalamnya.

Teh hijau adalah antioksidan yang sangat efektif karena mengandung zat diuretic yang bisa melarutkan lemak, menghilangkan selulit dan menurunkan kolestrol. Teh hijau juga mengandung polyphenols yang dapat menguatkan sistim kekebalan tubuh, mencegah radikal bebas dan sel kanker. Selain itu, daun teh ini juga dapat menguatkan pori-pori dari gigitan serangga.

Mandi Kulit Jeruk :
Merawat Kulit & Bangkitkan Semangat

Masukkan 5 tetes minyak kulit jeruk, 3 tetes minyak lavender, ½ sendok teh minyak jojoba (untuk melembutkan kulit), 1 genggam kulit jeruk organik yang segar ke dalam botol berukuran kecil, lalu campurkan seluruh campuran ini ke dalam air mandi.

Dalam aromatherapy, minyak dan buah jeruk dikenal karena manfaatnya untuk membangkitkan semangat. Sementara kulit jeruk ampuh untuk mengatasi jerawat, mengontrol kulit berminyak, memperbaiki kulit yang tergores dan menghilangkan strech mark


Mandi Susu & Bunga :
Lembutkan Kulit

Sejak jaman Cleopatra, mandi susu dengan bunga sudah menjadi cara yang paling popular untuk melembutkan kulit (Cleopatra menaburi tempat mandinya dengan helaian bunga mawar, bunga lili dan kulit kayu cinnamon). Tentu saja, karena bahan-bahan tersebut kaya akan protein terutama lemak susu yang berfungsi untuk melembutkan kulit.

Jika sedang tak ada susu, sebagai alternatif pengganti, Anda bisa memilih air tajin (air mencuci beras), susu kedelai, susu kambing atau susu bubuk. Kerja susu untuk melembutkan kulit akan menjadi lebih efektif jika Anda mencampurkan susu tersebut dengan beberapa jenis bunga segar maupun bunga kering seperti Chamonile, lemon, lavender dan mawar.


Mandi Susu Strawberry :
Menenangkan

Sediakan 6-8 buah strawberry ukuran besar, 2 cangkir susu, 1 sendok makan kacang almond dan 1 sendok makan benih gandum. Masukkan semua bahan tadi ke dalam blender dan biarkan sampai campuran ini menjadi lembut kemudian larutkan ke dalam air mandi yang hangat.

Sejak jaman dulu strawberry seringkali digunakan untuk menurunkan demam, mengobati radang ternggorokan, meredakan kegelisahan dan mencerahkan warna gigi. Saat ini strawberry sudah dikenal ampuh untuk melembutkan kulit, menyembuhkan iritasi dan kulit terbakar. Sementara kacang almond punya khasiat yang sama seperti susu yang kaya akan emollient.


Mandi Air Beras : Kulitpun Jadi Indah

Campur 1 gelas air tajin/air beras, 2 sendok teh madu, 1 sendok makan kulit padi, 1 sendok makan minyak sayur, masukkan ke dalam blender. Tunggu sampai semua bahan menjadi lembut, kemudian larutkan ke dalam air mandi yang hangat.
Air beras mempunyai kandungan zat gizi tinggi seperti kalsium, vitamin A, D dan E. Sementara kulit padi berguna untuk melembutkan dan memperbaiki kulit yang kasar. Untuk hasil maksimal tambahkan madu yang merupakan antiseptik alami mengandung pelembab yang berguna untuk kesehatan dan keindahan kulit.

No comments: